Hujan!

Aku susuri jalan ku di tengah derai hujan.. karena aku tak ingin engkau melihat.. bahwa saat ini aku menangis

Ketika

Betapa risaunya negeri ini, ketika tentara dan peluru senjata jadi kata-kata yang nyata

Bunga

Kamulah bunga yg mekar di taman hati indah rupawan parasmu menebarkan harum

Bersama

Saat teduh mataku meredup di sandaranmu.. sentuhlah keningku dengan ciuman indahmu

Prev Next

Mengunjungi Pulau Moyo Adalah Suatu Keberuntungan

 
(Sumbawa) - Pulau Moyo, sebuah pulau mungil yang terletak di sebelah utara Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Luasnya 330 km persegi, dengan ketinggian maksimum 671 m dan garis pantai 88 km.

Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Bagi sebagian orang, berkunjung ke pulau Moyo adalah suatu keberuntungan. Terlalu berlebihan? Tentu tidak.

Berikut ini adalah ulasan tentang pulau Moyo dan keindahan luar biasa yang ditawarkan oleh pulau ini, yang pasti akan membuat Anda setuju dengan istilah beruntung tersebut.

Bila berkunjung ke pulau ini, kita bisa melihat keindahan alam yang masih alami. Hutan yang indah dan nyaris tak tersentuh, air terjun dan sungai-sungai alami, serta keindahan bawah laut yang tiada habisnya.
 
 
Air terjun di Pulau Moyo
 
Selain hiking di hutan dan menyusuri sungai dan air terjun, beberapa gua yang dapat dicapai dengan berjalan kaki bisa menjadi alternatif kegiatan. Salah satunya adalah Gua Ai Manis yang harus dicapai dengan sedikit memanjat tebing. Gua ini tempat bersarangnya ratusan kelelawar.

Selain itu, aktivitas lain yang bisa Anda lakukan adalah tracking selama dua jam yang bisa dimulai dari Labuan Haji, ke arah Air terjun Brang Rea (Sungai Besar) yang terletak di tengah pulau. Pulau Moyo memiliki variasi ketinggian dari 0–648 m di atas permukaan laut.

Sebagai penanda masih lestarinya pulau seluas kurang lebih 30.000 hektar ini, ratusan kupu-kupu akan terlihat dari balik semak belukar, pepohonan atau di tengah padang savana. Pulau ini juga dihuni 21 jenis kelelawar, burung, macaque, babi liar, rusa dan ular.
 
 
Hutan di Pulau Moyo
 
Dengan kondisi alam yang masih sangat alami, tidak disarankan memasuki pulau ini tanpa pemandu. Karena ada kemungkinan bisa tersesat. “Namun anehnya, setiap kali ada yang tersesat, pasti tetap menemukan jalan ke luar sendiri. Entah digiring oleh burung atau kupu-kupu” ujar Pak Maman, salah seorang pemandu.

Menurutnya lagi, penghuni (makhluk halus) hutan di Pulau Moyo tidak suka mengganggu. Pulau Moyo merupakan surga bagi pencinta burung. Dari 124 spesies burung yang terdapat di Sumbawa, 86 jenis di antaranya berada di pulau ini. Spesies burung langka juga bisa anda temukan di sini.
 
Diantara burung-burung tersebut adalah Kakatua berkepala kuning serta burung  Gosong Tanimbar (Megapodius tenimberensis). Burung yang terakhir, memang unik karena mengandalkan tanaman dan ranting untuk menghasilkan panas selama masa inkubasi telurnya.
 
 
Keindahan bawah laut di Pulau Moyo
 
Pulau Moyo juga menawarkan keindahan alam bawah laut. Bila ingin snorkling atau menyelam, kawasan sekitar pulau menawarkan berbagai keindahan bawah laut yang juga tak kalah menarik. Taman laut yang membentuk formasi karang lunak dan keras yang indah, bisa ditemukan pula sponge (spon) dan crustacea. Hampir keseluruhan pulau dikelilingi karang yang masih dalam keadaan baik dan belum rusak.

Anda juga bisa menjumpai hiu dengan panjang kurang lebih dua meter, ikan pari kecil selebar kurang-lebih 50 cm. Dan satu lagi, anda juga bisa melihat beberapa ikan terbang berlompatan di permukaan air. Bila Anda ingin diving, Anda bisa melakukannya di sekitar Pulau Medang, yang terletak di Barat Laut Pulau Moyo.
 
Pantai Pulau Moyo
 
Meskipun kecil, pulau yang sepi namun memiliki kekayaan alam yang luar biasa ini, berhasil memikat beberapa orang besar sekaliber Lady Diana dan Mick Jagger untuk berlibur. Melihat keindahan pantai, laut dan alamnya, memang menawarkan ketenangan bagi penikmat keindahan alam bebas dan bawah laut.

Akomodasi ke Pulau Moyo
Untuk mencapai pulau eksotis ini, perjalanan dimulai dari Kota Mataram. Untuk akomodasi, ada beberapa travel yang menyediakan jasa untuk mencapai Pulau Sumbawa, namun bukan ke pulau Moyo. Biaya yang perlu disiapkan untuk sampai ke Sumbawa sekitar Rp. 100.000-200.000 per orang.
 
 
Kapal Ketinting sebagai alat tranportasi ke Pulau Moyo
 
Dari Sumbawa, perjalanan dengan mobil dapat ditempuh dari Sumbawa Besar ke Ai Bari, kampung pesisir yang terletak sekitar 20 km utara Sumbawa Besar. Perjalanan dari Ai Bari ke Pulau Moyo dapat ditempuh selama lebih kurang 15 menit dengan speedboat atau menggunakan kapal ketinting.

Salah seorang nelayan yang selalu menyediakan transportasi dengan kapal ketinting adalah Pak Lahi yang sudah terbiasa menerima tamu asing, bahkan namanya sering ditulis dalam berbagai buku panduan wisata. Diperlukan waktu sekitar 8-9 jam perjalanan darat dan laut dari Mataram hinga ke sampai pulau Moyo.

Bila anda tidak ingin repot, Hotel Tambora dan Kencana Beach Hotel di Sumbawa Besar, bisa mengatur perjalanan menuju pulau ini. Selain itu, ada alternatif lainnya, yaitu dengan memanfaatkan jemputan dengan pesawat amphibi pribadi yang disediakan oleh PT. Amanwana. Tentu saja biaya yang harus dikeluarkan lebih mahal.

Meski demikian, kelelahan akibat perjalanan panjang itu pun terbayar sejak pertama kali kita menapakkan kaki di tanah Moyo. Keindahan mulai terpancar dimana-mana. Kupu-kupu akan datang menyambut dari balik semak belukar.
 
 
Tent-cottage di Pulau Moyo
 
Hotel di Pulau Moyo
Di pulau Moyo, hanya ada satu hotel yang berdiri di atas pulau tersebut. Hotel Amanwana, sebuah hotel bintang lima yang menyuguhkan kemewahan dan privatisasi bagi kostumer mereka. Amanwana hanya menyediakan 20 tent-cottage yang indah. Konsep yang ditawarkan adalah back to nature, tanpa ada suara bising dari televisi ataupun radio. Untuk bermalam disana, paling tidak anda perlu mengeluarkan uang sekitar US$ 700 per malam.
 
 http://www.komhukum.com/komhukum-pariwisata-detail-281-mengunjungi-pulau-moyo-adalah-suatu-keberuntungan.html#.UG4_jCJwkxg
 

One Response so far.

  1. SALAM KENAL SEMUA,…!!! SAYA MAS JOKO WIDODO DI SURABAYA.
    DEMI ALLAH INI CERITA YANG BENAR BENAR TERJADI(ASLI)BUKAN REKAYASA!!!

    Saya Sangat BerTerima kasih Atas Bantuan Angka Ritual AKI…Angka AKI KANJENG Tembus 100%…Saya udah kemana-mana mencari angka yang mantap selalu gak ada hasilnya…sampai- sampai hutang malah menumpuk…tanpa sengaja seorang teman lagi cari nomer jitu di internet…Kok ketemu alamat KI KANJENG..Saya coba beli Paket 2D ternyata Tembus…dan akhirnya saya pun membeli Paket 4D…Bagai di sambar Petir..Ternyata Angka Ritual Ghoib KI KANJENG…Tembus 4D…Baru kali ini saya mendapat angka ritual yang benar-benar Mantap…Bagi saudara yang ingin merubah Nasib anda seperti saya…Anda Bisa CALL/SMS Di Nomer KI KANJENG DI 085-320-279-333.(((Buktikan Aja Sendiri Saudara-Saudari)))

    …TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA AKI KANJENG…

    **** BELIAU MELAYANI SEPERTI: ***
    1.PESUGIHAN INSTANT 10 MILYAR
    2.UANG KEMBALI PECAHAN 100rb DAN 50rb
    3.JUAL TUYUL MEMEK
    4.ANGKA TOGEL GHOIB.DLL..

    …=>AKI KANJENG<=…
    >>>085-320-279-333<<<

Leave a Reply